Jantung dan stroke

blessteaonline.com

Serangan jantung, adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati.
Penyakit jantung dan stroke merupakan penyebab kematian nomor satu pada orang dewasa di Amerika dan menjadi pembunuh no 1 pula di Indonesia. Setiap tahunnya, di USA :
• 1.500.000 orang mengalami serangan jantung.
• 478.000 orang meninggal karena penyakit jantung koroner. 407.000 orang mengalami operasi peralihan
• 300.000 orang menjalani angioplasti
Penyakit Jantung, stroke dan penyakit periferal arterial merupakan penyakit yang mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah. Ketiga kategori penyakit ini tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup.
Faktor-faktor pemicu serangan jantung ialah rokok, mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, kurang gerak, malas berolahraga, stress, kurangnya istirahat.
Faktor-faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner
• Memasuki usia 45 tahun bagi pria.
Sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari kerentanan mereka dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung.
• Bagi wanita, memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi).
Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung setelah mengalami menepause.
• Riwayat penyakit jantung dalam keluarga.
• Diabetes.
Kebanyakan penderita diabetes meninggal bukanlah karena meningkatnya level gula darah namun karena kondisi komplikasi jantung mereka.
• Merokok.
Resiko penyakit jantung dari merokok setara dengan 100 pon kelebihan berat badan – jadi tidak mungkin menyamakan keduanya.
• Tekanan darah tinggi (hipertensi).
• Kegemukan (obesitas).
Obesitas tengah (perut buncit) adalah bentuk dari kegemukan. Walaupun semua orang gemuk cenderung memiliki risiko penyakit jantung, orang dengan obesitas tengah lebih-lebih lagi.
• Gaya hidup buruk.
Gaya hidup yang buruk merupakan salah satu akar penyebab penyakit jantung – dan menggantinya dengan kegiatan fisik merupakan salah satu langkah paling radikal yang dapat diambil.
• Stress.
Banyak penelitian yang sudah menunjukkan bahwa, bila menghadapi situasi yang tegang, dapat terjadi arithmias jantung yang membahayakan jiwa.
Serangan Jantung
Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) akibat mendadak sangat berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat, entah akibat spasme – mengencangnya nadi koroner – atau akibat penggumpalan darah – thrombus. Bagian otot jantung yang biasanya dipasok oleh nadi yang terblokade berhenti berfungsi dengan baik segera setelah splasme reda dengan sendirinya, gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung berfungsi secara betul-betul normal lagi. Ini sering disebut crescendo angina atau coronary insufficiency. Sebaliknya, apabila pasokan darah ke jantung terhenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan yang permanen hanya dalam beberapa jam saja dan bagian otot jantung termaksud mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen. Otot yang mati ini disebut infrak.
Tanda-tanda
Pendapat salah yaitu sebuah serangan jantung datang seperti petir di siang bolong. Serangan jantung adalah puncak bencana dari sebuah proses kerusakan yang berlangsung lama, yang sering melibatkan kejutan-kejutan emosional, kekacauan fisiologis dan kelelahan mental.
Artikelnya sangat membantu bukan?? Seiring bertambahnya jumlah serangan Jantung di dunia dan menjadi pembunuh no 1 di dunia ini sangat menghawatirkan. Untuk itu para ahli selalu mencari jalan keluar untuk masalah ini. Ternyata factor yang sangat mempengaruhi serangan jantung adalah Kolesterol. Mari kita simak tentang kolesterol :
• Kolesterol adalah suatu zat lemak yang beredar di dalam darah, diproduksi oleh hati dan dalam jumlah tertentu sangat diperlukan oleh tubuh.
• Tetapi kolesterol berlebih akan menimbulkan masalah terutama pada pembuluh darah jantung dan otak.
• Kolesterol menyebabkan atherosclerosis yaitu pembentukan plak lemak pada dinding lapisan dalam arteri (Pembuluh darah).
Manfaat Teh Hitam untuk Jantung :
• Menghambat penyerapan kolesterol
• Menghambat pembentukan thromboxan dan fibrinogen, penyebab terjadinya pembekuan darah.
• Mengendurkan saluran pembuluh darah.

Jadi, Jadikan Blesstea sebagai gaya hidup sehat, karena itulah rahasia umur panjang.

 

Berikut Table kandungan Kolesterol dalam makanan :

dartar makanwww.blessteaonline.comn kolesterol