Obat diabetes melitus

Kenali GejalaPenyakit Diabetes Melitus dan dapatkan Obat Tradisional untuk mengatasinya.

blessteaonline.com

Penyakit Diabetes melitus atau yang lebih sering di sebut dengan sakit kencing manis ini terjadi pada seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula/glukosa dalam darah. Biasanya disebabkan kekurangan insulin atau reseptor insulin tidak berfungsi dengan baik.

Diabetes dibagi menjadi 2 tipe yaitu :

1. Diabetes melitus tipe 1 atau insulin dependentyakni diabetes yang timbul akibat kekurangan insulin.

2. Diabetes melitus tipe 2 atau non insulin dependent yaknitimbul akibat insulin tidak berfungsi dengan baik.

Gejala-gejala khusus dari penyakit diabetes :

1. Poliura yaitu volume urin yang berlebihan

2. Polidipsia yaitu sering haus

3. Poliphagia yaitu sering lapar dan penyusutan berat badan.

Meskipun mekanisme genetic belum diketahui secara nyata, disadari atau tidak, salah satu penyebab utama terjadinya diabetes ini adalah faktor keturunan. Disamping itu, obesitas/kegemukan pun menambah resiko terkena penyakit ini. Pada orang dewasa, ketika kemampuan jaringan untuk mengambil glukosa darah mulai menurun, potensi terkenanya penyakit ini jauh lebih tinggi dibandingkan usia muda.

Dr. Teguh AS. Ranakusuma, guru besar Departemen Neurologi fakultas Kedokteran Universitas Indonesia / Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta mengatakan seseorang yang divonis menderita diabetes melitus memang beresiko beberapa kali terkena stroke. “Penyakit diabetes dapat menyebabkanterjadinya sumbatan pada pembuluh darah di otak sehingga memicu terjadinya stroke,” ucap Ranakusuma ( Koran tempo, selasa 4 September 2007)

Berdasarkan data yang ada menunjukan, lebih dari 80 juta diabetesi berada di wilayah Asia Pacifik Barat dan Asia Tenggara. Angka penyandang Kencing manis ini menempati urutan ke 4 terbesar di dunia. WHO memperkirakan pada 2030 nanti sekitar 21,3 juta orang Indonesia terkena diabetes. Selain Faktor Genetik, bisa dipicu oleh lingkungan yang menyebabkan perubahan gaya hidup tidak sehat, seperti makan makanan yang berlemak dan kurang serat,kurang aktifitas fisik dan stress.

Kegemukan adalah faktor kunci terjadinya Diabetes Melitus tipe 2. Aspek genetic memang tidak dapat dicegah, tetapi gaya hidup bisa di ubah. Tipe ini sebenarnya dapat dikendalikan melalui gaya hidup sehat, seperti makanan sehat dan aktivitas fisik teratur. Namun seiring perkembangan zaman, terjadinya perubahan gaya hidup, seperti konsumsi menu-menu junk-food yang tinggi kolesterol serta malas bergerak akibat terlalu mengandalkan transportasi dan teknologi yang kian canggih. Tipe 2 ini biasanya ditemukan pada usia 40 tahun keatas,tetapi sekarang menyerang yang usia lebih muda karena faktor gaya hidup tersebut.

Bentuk penanganannya ada tiga :

1 Primer yaitu mencegah jangan sampai terjadi diabetes.

2 Sekhunder yaitu jangan sampai terjadi komplikasi.

3 Tersier yaitu jangan sampai terjadi kecacatan.

Komplikasi Diabetes melitus yang paling ditakuti oleh masyarakat adalah terjadinya gangguan jantung, gangguan saluran pencernaan, sumbatan pembuluh darah, pembusukan kaki dan amputasi, kebutaan, kerusakan ginjal, disfungsi ereksi, gangguan sensitivitas, nyeri seluruh tubuh dan kematian.

Di China dan India, Teh telah lama digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk diabetes.Tetapi setelah di teliti, Teh Hitam mempunyai kemampuan meningkatkan insulin dibandingkan teh hijau maupun teh oolong. Yaitu peningkatan insulin sebesar 6,5 x.

Perocbaan pada penderita diabetes- Penelitian di Eye Disease Case-Control Study Group : Retinopathy Diabetes dapat dicegah sehingga kebutaan juga dapat dicegah. Tindakan pencegahannya :

– Pola makan sereal

– Olahraga teratur

– Pertahankan berat badan

– Kelola faktor resiko lain seperti hipertensi dan kadar lemak darah.

– Bagi yang beresiko tinggi, periksa glukosa darah anda setiap bulan.

Konsumsi Teh Hitam 4 cangkir setiap hari.